"-------------------------Debu Yandi-------------------------"

"If I can help in any way, please don't hesitate to set a time to meet or leave your details and I'll get back to you."

Friday, June 29, 2012

0

Menyelaraskan antara cita-cita dan karir anda kelak..!!!

  • Friday, June 29, 2012
  • Debu Yandi
  • Share




  • Apa kabar sahabat penulis semua??semoga sehat-sehat saja dan semakin positif dalam bersikap dan lebih bijaksana dalam hidup. Topik yang akan penulis angkat hari ini adalah tentang “Memilih Karir sesuai dengan cita-cita”. Penulis sengaja mengangkat materi ini agar bisa menjadi salah satu bahan perenungan dan bahan pertimbangan bagi para pembaca terutama para peserta didik kelak sebelum memilih mengambil/ menempuh pendidikan di sekolah tertentu dan jurusan tertentu pula. Nah untuk itu mari kita kupas lebih dalam satu persatu pengertian cita-cita dan pengertian karir.
    Cita-cita secara umum adalah harapan dalam hati yang ingin di wujudkan kelak.  Dengan semangat bercita-cita maka kita akan termotivasi untuk menggapai cita-cita kita tersebut, dan dengan motivasi itulah yang akan menjadi cambuk bagi kita untuk terus giat dn lebih giat menuju kesuksesan cita-cita kita. Ada yang ingin jadi Pengusaha? ada yang ingin jadi Perwira POLRI? ada yang ingin jadi Musisi ? ada yang ingin jadi  olahragawan? Atau ada pula yang ingin menjadi dokter? dan masih banyak cita-cita lainnya yang bisa kita pilih, namun untuk menggapai itu kita memerlukan kerja keras, kita memerlukan pengorbanan, kita memerlukan semangat yang tinggi, jika sudah begitu, Insya Allah cita-cita kita akan tercapai. Amiin.
    Secara umum karir dapat dikatakan sebagai semua pekerjaan atau jabatan yang dipegang selama masa kerja seseorang. Karir menunjukkan perkembangan para karyawan secara individual dalam suatu jenjang ataukepangkatan yang dapat dicapai selama masa kerjanya dalam suatu organisasi ( jika dia tergabung dalam organisasi ) dsb. Karir selalu saja diidentikkan dengan pekerjaan, itu memang benar, karena dengan bekerja karir seseorang akan tumbuh. Banyak sekali jenis karir yang bisa kita ambil contoh, misalnya saja, karir seorang Perwira di Kesatuannya, ataupun  karir seorang perwira TNI di kesatuannya, ataupun karir seorang karyawan bank pada bank tempat dia bekerja, ataupun karir seorang musisi pada dunia musiknya, ataupun karir seorang olahragawan pada kejuaraan-kejuaraan yang dimenanginya, ataupun karir seorang dokter pa pada lembaga kesehatan tempat dia mengabdi, dan lain sebagainya. Jika kita melihat pengertian karir dan cita-cita  di atas tentunya kita akan bertanya-tanya, apakah ada kaitannya antara cita-cita seseorang dengan karirnya kelak?? Jawabannya  “ada”, karena dengan memiliki cita-cita yang jelas maka tentunya akan memiliki gambaran tentang karirnya, misalnya saja para pembaca ada yang bercita-cita ingin menjadi dokter hewan, misalnya karena hobi anda  merawat hewan dan sebagainya tentunya ketika anda benar-benar telah menjadi dokter hewan pekerjaan yang anda jalani tersebut terasa sangat nyaman dan menyenangkan bagi anda, karena anda bekerja / berkarir pada bidang yang anda sukai dan anda cita-citakan. Hal ini sangat terbalik jika anda memiliki cita-cita yang tidak sesuai dengan bidang yang anda jalani kelak. Misalnya sedari kecil anda bercita-cita ingin menjadi Polisi, namun setelah dewasa anda tidak bisa melawan permintaan orang tua ( dan lain sebagainya ) untuk menempuh pendidikan sejarah ( misalnya ), tentunya hal ini tidak seimbang dan mengakibatkan kurang efektifnya bekerja anda pada bidang kesejarahan itu sendiri, apalagi jika anda memang benar-benar memiliki kemampuan di bidang kepolisian, dan anda benar-benar tidak menyukai masalah sejarah tentunya ini akan menghambat karir anda kelak. Dan jika anda telah menemukan cita-cita anda, maka sebaiknya anda menggali informsi lebih banyak tentang hal-hal terkait cita-cita anda tersebut, misalnya saja terkait masalah keahlian-keahlian tertentu yang harus anda miliki ketika anda ingin mewujudkn cita-cita anda tersebut, dan lain sebagainya. Dan sebaiknya ketika kita becita-cita kita jangan pernah takut jika suatu saat kita tidak bisa menggapai cita-cita kita, karena tugas kita hanya berdoa dan berusaha dan tetap tuhanlah yang menentukannya.
     “Kejarlah cita-cita anda!!” lalu “gapai cita-cita itu!!” dan “  Lejitkan Karir anda!!”, dan tentunya jangan lupa berusaha dan berdoa pada Tuhan agar apa yang kita harapkan  berguna untuk diri kita, keluarga, bangsa dan negara.Amien.
    Sudahkah anda yakin dengan cita-cita anda?? Jika sudah maka wujudkanlah!!


    Nama
    Tempat tanggal lahir
    Alamat
    Pendidikan


    Hobi
    :
    :


    :
    :


    :
    Rakhdinda Dwi Artha Qairi
    Sungai Pasir, 24 Agustus 1991


    Jl Nyai Balau
    Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Semester VI UM Palangka Raya
    Membaca



    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Menyelaraskan antara cita-cita dan karir anda kelak..!!!”

    Post a Comment

    Terima Kasih Bersedia membaca dan berkomentar; Dimohon berkomentar dengan sopan, dan penuh senyum.. Salam Blogger

    Artikel Terbaru


    Google+ Followers

    Kunjungi dan Temukan @DebuYandi di :